Pages

Sabtu, 23 Juli 2011

Arti Emansipasi Wanita

Aku bikin ini bukan karena kemauanku sendiri tapi karena tugas yang mendesak akhirnya bikin deh.  Nah, yang satu ini gara-garanya tugas BK yang dibikin khusus untuk memperingati hari Kartini.  Harapannya tulisan ini aku taruh supaya bisa sedikit membantu kalian yang mungkin lagi cari-cari tentang materi ini juga.  Selamat membaca...

EMANSIPASI WANITA

Arti kata emansipasi pada jaman dahulu adalah tiket untuk mendapatkan kebebasan dalam bertindak atau perjuangan wanita untuk memperjuangkan haknya.  Pada jaman kemerdekaan emansipasi wanita yang disebut dan diperjuangkan oleh ibu RA. Kartini adalah kebebasan kaum wanita untuk mendapatkan pendidikan dan hak yang sederajat dengan kaum laki-laki atau yang biasa kita katakan persamaan gender.  Berkat kegigihannyalah saat ini kita dapat menikmati arti emansipasi yang sejak dulu diperjuangkan itu. 
Namun melihat perkembangan zaman saat ini emansipasi seperti apakah yang kita butuhkan? Jika zaman dahulu emansipasi wanita memperjuangkan demi pendidikan, hak dalam berpendapat, dan mendapatkan posisi yang sama dengan laki-laki, bagaimana dengan sekarang? Bukankah sekarang wanita sudah mendapatkan haknya seperti hal yang telah disebutkan tadi ?.
 Saat ini tidak sedikit wanita yang berprofesi layaknya profesi yang dilakukan laki-laki.  Sangat menyenangkan bila profesi tersebut memang cocok dan memungkinkan untuk dilakukan wanita, namun bagaimana jika profesi tersebut tidak seperti itu ? bahkan jika sang wanita melakukannya demi memenuhi kebutuhan rumah tangga akibat suaminya malas bekerja, sangat miris mendengarnya.  Namun terkadang, agaknya arti emansipasi saat ini disalah artikan.  Saat ini banyak perempuan yang meninggalkan kodratnya dengan mengatasnamakan emansipasi.
Saat ini banyak kita dengar dimedia massa mengenai istri yang disiksa suaminya, namun tidak sedikit pula istri yang meninggalkan  tugas mengurus rumah tangga demi berbisnis dan mengejar karir.  Saya sendiri kurang menyetujui sikap seperti itu, karena menurut saya seorang wanita – khususnya ibu – sangat berperan penting dalam perkembangan anak sebagai penerus bangsa nantinya.  Nampaknya, kita saat ini harus bersikap bijaksana mengenai kata “emansipasi wanita” ini.
Menurut saya emansipasi wanita berarti perubahan diri wanita yang menuju kemajuan atau menjadi yang lebih baik.  Kebebasan bagi wanita untuk menyamakan derajatnya dengan pria namun tetap mengarah menjadi yang lebih baik, bukannya menyamakan derajat yang ternyata tidak membawa perubahan kehidupan atau justru penurunan level kehidupan. Selain itu menurut saya, sebagai wanita kita juga harus memahami makna dari kata “emansipasi wanita” ini sebenarnya.  Kita harus menyesuaikan makna tersebut dengan pergerakan jaman yang mulai berubah saat ini, saat ini wanita dapat mengaplikasikan kemampuan yang ada pada dirinya untuk hal-hal yang kongkrit dilingkungan keluarga atau lingkungan masyarakat luas namun tidak lepas dari kodratnya.  Boleh saja kita memiliki pendidikan atau pekerjaan yang setingkat atau mungkin lebih tinggi dari kaum lelaki, namun kita juga tidak boleh melupakan kodrat sebagai wanita.
Meski begitu saya tetap setuju dengan emansipasi wanita, menurut saya yang perlu diperjuangkan bukan hanya persamaan hak saja namun juga kewajiban.  Hak dan kewajiban tetaplah harus berjalan beriringan.  Bagaimanapun  juga saya salut pada perjuangan R.A Kartini, beliau sangatlah pantas jika dianggap sebagai pahlawan bangsa.

0 komentar:

Poskan Komentar

Loading...