Pages

Minggu, 05 September 2010

Rubah Ekor 9

Waktu kemarin baca beritanya Lee Seung Gi oppa yang maen di drama baru yang berjudul my Girlfriend is gumiho aq sempet bingung ma maksud dari gumiho itu, rupanya gumiho itu sejenis legenda tentang rubah ber-ekor 9(jadi inget critanya naruto, yg bkin +bingung lagi.)
Akhirnya karena terlanjur bingung sekalian aja aq browsing tentang rubah ekor 9.  Rupanya rubah ekor 9 yg maen didramanya Lee Seung Gi ntu beda jauh ama yg di Naruto.  Legenda Gumiho dikorea lebih mirip legenda Kitsune di jepang dan Huli Jing di tiongkok.  Sekarang mari kita bahas satu" legendanya.....


Kitsune (Jepang)
Kitsune adalah sebutan untuk binatang rubah dalam bahasa Jepang. Dalam cerita rakyat Jepang, rubah sering ditampilkan dalam berbagai cerita sebagai makhluk cerdas dengan kemampuan sihirnya yang semakin sempurna sejalan dengan semakin bijak dan semakin tua rubah tersebut. Selain itu, rubah mampu berubah bentuk menjadi manusia. Dalam legenda, rubah sering diceritakan sebagai penjaga yang setia, teman, kekasih, atau istri, walaupun sering terdapat kisah rubah menipu manusia.
Dalam kepercayaan Shinto, kitsune sering dikaitkan dengan Inari. Hubungan antara Inari dan kitsune makin memperkuat kedudukan kitsune dalam dunia supranatural.  Kitsune mulanya merupakan pembawa pesan yang bertugas bagi dewa Inari, tapi garis pemisah antara Inari dan kitsune makin kabur sehingga Inari digambarkan sebagai seekor rubah.
Kitsune dikenal suka menepati janji dan berusaha keras untuk bisa membalas budi. Kitsune kadang-kadang membuat onar seperti yang dikisahkan sebuah cerita asal abad ke-12. Ancaman pemilik rumah untuk membinasakan semua rubah berhasil meyakinkan kawanan rubah untuk mengubah kelakuan. Kepala keluarga kawanan rubah hadir dalam mimpi pemilik rumah untuk mohon pengampunan dari pemilik rumah, sekaligus berjanji untuk berkelakuan baik dan membalas budi dengan menjadi pelindung keluarga.
Kitsune sering digambarkan sebagai wanita penggoda dalam cerita yang melibatkan laki-laki muda. Walaupun kitsune berperan sebagai wanita penggoda, cerita biasanya bersifat romantis.  Dalam cerita, laki-laki sering menikahi wanita cantik yang merahasiakan bahwa dirinya adalah seekor rubah. Ketika rahasia terbongkar, sang istri terpaksa meninggalkan suami. Pada sebagian cerita, laki-laki yang menikahi siluman rubah bagaikan bangun dari mimpi, kebingungan, berada jauh dari rumah, dan harus kembali ke rumah yang ditinggalinya dulu dengan membawa malu.

Huli Jing (Tiongkok)
Huli jing (Aksara Tionghoa: 狐狸精; Pinyin: húli jīng; huli berarti rubah, dan jing berarti roh) dalam mitologi Tiongkok adalah roh rubah yang sejenis dengan peri Eropa atau kitsune Jepang. Huli jing dapat menjadi roh baik maupun roh jahat.
Cerita legendanya ga jauh beda ma Gumiho di korea Selatan, cuma aq ga bisa nemu crita lengkapnya sih.










 Gumiho (Korea Selatan)
Gumiho sebenarnya adalah siluman rubah yang bertugas mengantarkan pesan untuk raja.  Cerita tersebut lambat laun berubah tidak lagi seperti itu.  Dalam cerita yang beredar sekarang, gumiho adalah siluman rubah yang dapat berubah wujud menjadi wanita cantik dan akan merayu pria yang setelah itu menjadi santapannya.


Nyo.Nyo.Nyo sekiranya cuma sampe sini aq bisa bagi inpo ma kalian readers.  Maap.maap ny kalo inponya kurang lengkap, kalo ntar ada waktu+sumber yg memadai aq pasti bakal lengkapin lagi.

Gomawo >,<

1 komentar:

nadia fasha mengatakan...

kalo saya sih tau nya guminho itu tidak makan manusia tpi di tipu/tuduh

Posting Komentar